KATA PENGANTAR
Puji syukur kami
panjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat-Nya kami dapat
menyusun dan menyelesaikan makalah yang berjudul Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ini tepat pada waktu yang
telah ditentukan. Dalam makalah ini, kami secara khusus membahas tentang sejarah,
pengertian, komponen, dampak dan penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi
(TIK) dalam dunia Pendidikan. Makalah ini kami harapkan dapat memberikan
wawasan dan pengetahuan bagi mahasiswa dan pembaca terkait dengan materi yang
akan dibahas dalam makalah ini.
Kami penyusun
makalah ini menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu
memberikan arahan dan masukan dalam penyelesaian makalah ini.
Kami menyadari sepenuhnya
bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, sangat
diharapkan kritik serta saran-saran yang bersifat membangun dari pembaca agar
menjadi lebih baik lagi nantinya.
Singaraja, Oktober 2013
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR........................................................................................... i
DAFTAR ISI........................................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang.................................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah…………………………………………………….2
1.3 Tujuan.................................................................................................. 2
1.4 Manfaat................................................................................................ 3
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Sejarah Perkembangan TIK.................................................................. 4
2.2 Pengertian TIK......................................................................................11
2.3 Komponen-komponen Sistem Informasi................................................ 11
2.4 Dampak dari TIK..................................................................................13
2.5 Penerapan TIK di Bidang Pendidikan.....................................................15
BAB III PENUTUP
3.1 Simpulan............................................................................................... 17
3.2 Saran.................................................................................................... 18
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Di era globalisasi ini
sesuai dengan perkembangan IPTEK yang begitu pesat, pengaruhnya telah merambas
ke berbagai kalangan masyarakat. Perkembangan IPTEK tidak hanya dari kalangan masyarakat tingkat
atas, bahkan menengah dan kalangan bawah sekalipun. Dimana upaya tersebut
merupakan upaya didalam mewujudkan kesejahteraan dan peningkatan harkat
martabat manusia. IPTEK diciptakan oleh manusia atas kreativitas akalnya dan di
anggap sebagai suatu solusi dari permasalahan yang ada. Manusia tidak berpikir
akan dampak-dampak yang ditimbulkan jika suatu teknologi disalahgunakan oleh
manusia. Pengaruh IPTEK sekarang ini
sudah terlihat nyata dalam kehidupan masyarakat dan dituntut untuk mempunyai
pemikiran yang cerdas, kreatif, dan mampu berinovasi. Salah satu IPTEK yang
berkembang saat ini adalah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Pengertian Teknologi Informasi
dan Komunikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), atau dalam bahasa
Inggris dikenal dengan
istilah Information and Communication
Technologies (ICT),adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh
peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi
komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat
bantu,manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi
adalah segala sesuatu
yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari
perangkat yang satu ke lainnya. Jadi, teknologi Informasi adalah suatu teknologi yangdigunakan untuk mengolah
data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun,menyimpan, memanipulasi data
dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat
waktu,yang digunakan untuk keperluan pribadi, pendidikan, bisnis, dan
pemerintahan dan merupakan
informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
Perkembangan teknologi informasi
dan komunikasi beberapa tahun belakangan ini berkembang dengan kecepatan yang
sangat tinggi, sehingga dengan perkembangan ini telah mengubah paradigma
masyarakat dalam mencari dan mendapatkan informasi, yang tidak lagi terbatas
pada informasi surat kabar, televisi dan radio, tetapi juga sumber-sumber
informasi lainnya. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data,sistem
jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan,
dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global. Peran
yang dapat diberikan olehaplikasi teknologi informasi dan teknologi komunikasi
ini adalah mendapatkaninformasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi
tentang kesehatan, hobi,rekreasi, dan rohani. Kemudian untuk profesi seperti
sains, teknologi,perdagangan, berita bisnis, dan asosiasi profesi. Namun dalam makalah ini penulis hanya membahas
tentang sejarah perkembangan TIK, pengertian TIK, komponen-komponen TIK,
penerapan TIK, dan dampak dari munculnya TIK.
1.2
Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas
dapat dirumuskan beberapa rumusan masalah sebagai berikut.
1) Bagaimana
sejarah perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)?
2) Apa
pengertian dari Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)?
3) Apa
saja komponen-komponen sistem informasi?
4) Apa
dampak dari Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)?
5) Bagaimana penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di bidang Pendidikan?
1.3
Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah di atas,
tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut.
1) Untuk
mengetahui sejarah perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
2) Untuk
mengetahui pengertian dari Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
3) Untuk
mengetahui komponen-komponen sistem informasi.
4) Untuk
mengetahui dampak dari Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
5) Untuk mengetahui penerapan Teknologi Informasi
dan Komunikasi (TIK) di
bidang Pendidikan.
1.4
Manfaat
Manfaat yang diharapkan dari
luaran makalah ini adalah sebagai berikut.
1) Bagi Penulis
Makalah ini kami
buat untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen mata kuliah Dasar-dasar TIK dan juga dapat menambah wawasan dan
pengetahuan kami mengenai sejarah, pengertian,
komponen, dampak dan penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Selain
itu juga, agar kami menjadi terbiasa untuk membuat dan
menyusun karya tulis sebagai acuan dan pembelajaran dalam pembuatan tugas akhir
skripsi.
2)
Bagi
Pembaca
Makalah ini kami
harapkan dapat menjadi salah satu sumber informasi sehingga dapat menambah
wawasan dan pengetahuan mahasiswa maupun para pembaca mengenai sejarah, pengertian, komponen,
dampak dan penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sesuai dengan isi
dari makalah yang kami bahas.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Sejarah
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Teknologi informasi dan komunikasi
sudah dimulai sejak zaman pra sejarah. Bentuk awal komunikasi pada saat itu
hanya berkisar pada suara dengusan dan isyarat tangan. Kemudian diciptakan
alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat pada zaman berikutnya. Kemudian
manusia mulai menciptakan alat-alat mekanik untuk proses perhitungan, dan tidak
sampai disitu penelitan terus dilakukan untuk menemukan alat-alat yang mampu memudahkan
hidup manusia.
1. Masa
Prasejarah (……s.d. 3000 SM)
Pada
masa prasejarah,
manusia berkomunikasi dengan menggambarkan informasi pada dinding-dinding
gua tentang berburu dan binatang buruannya. Manusia mulai mengenal berbagai benda
yang ada disekitarnya dan
melukiskan benda tersebut pada
dinding-dinding gua untuk mewakilinya. Kemampuan bahasa mereka saat itupun
hanya terbatas pada dengusan, bahasa isyarat
dan gerakan tangan.
Perkembangan selanjutnya adalah diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat,
seperti gendang, terompet
yang terbuat dari tanduk binatang,
isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.
2. Masa Sejarah
(3000 SM s.d. 1400 M)
Perkembangan cara berkomunikasi semakin
maju pada masa sejarah, mulai dari ditemukannya abjad fonetik, kerta sebagai
media menulis, sampai pada cara mencetak buku. Berikut perkembangan informasi
yang terjadi selama masa sejarah.
3. Penemuan Alat TIK Masa Sejarah
Tahun
|
Peristiwa
|
3000 SM
|
Bangsa Sumeria menemukan
tulisan untuk pertama kalinya. Tulisan tersebut berupa simbol-simbol yang
disebut piktograf.
|
2900 SM
|
Bangsa Mesir kuno telah
mengembangkan tulisan Hieroglif untuk berkomunikasi.
|
2500 SM
|
Abacus
Alat ini dianggap sebagai
alat perhitungan digital pertama kali. Belum jelas sumber asli dari abacus atau sempoa ini, diperkirakan
berasal dari Babylon, Cina, atau Mesir.
|
1775 SM
|
Bangsa Yunani memperkenalkan
sistem penulisan dari kiri ke kanan dengan menggunakan abjad fonetik yaitu
huruf yang dibuat berdasarkan bunyi ucapan.
|
1400 SM
|
Bangsa China mulai menuliskan
sejarah mereka pada kepingan tulang binatang.
|
1270 SM
|
Bangsa Suriah telah membuat
Ensiklopedia untuk pertama kalinya
|
900 SM
|
Bangsa China membuat sistem
pelayanan pos dan kantor pos yang pertama
|
776 SM
|
Bangsa Yunani mempergunakan
burung merpati untuk mengirimkan informasi
|
530 SM
|
Bangsa Yunani juga membuat
perpustakaan untuk pertama kalinya
|
500 SM
|
Bangsa Mesir kuno menggunakan
serat pohon papyrus sebagai kertas
|
105 SM
|
Bangsa China menemukan
kertas. Orang yang menemukan kertas itu bernama Tsai Lun. Kertas tersebut
terbuat dari serat pohon bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, diratakan
dan kemudian dikeringkan.
|
14 M
|
Bangsa Romawi secara resmi
membuat sistem pelayanan pos
|
37 M
|
Kaisar Tiberius dari Roma
menggunakan cermin sebagai alat mengirim pesan (heliograf).
|
305 M
|
Bangsa China menciptakan
mesin cetak pertama yang terbuat dari lempengan kayu ukir. Sistem pencetakkan
dilakukan dengan menggunakan blokm kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta.
|
4. Masa Modern
(1400 M s.d. Sekarang)
Pada masa ini terjadi kemajuan yang
cukup berarti pada perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Berikut
perkembangan yang terjadi selama masa modern.
5. Perkembangan Alat TIK Masa Modern
Tahun
|
Peristiwa
|
1450 M
|
Koran pertama di dunia mulai
beredar di Eropa meski belum terbit secara harian
|
1455 M
|
Johann Gutenberg
mengembangkan mesin cetak yang menggunakan plat huruf dari besi dan dibingkai
dengan kayu yang dapat diganti-ganti
|
1560 M
|
Kamera foto pertama
diciptakan dengan nama Camera Obscure
|
1642 M
|
Pascal’s Machine Aritmetique
(The Pascaline) dibuat oleh Blaise Pascal
ahli matematika dan ahli filsafat dari prancis. Alat ini merupakan alat
perhitungan dengan mesin mekanik yang pertama, dan sampai saat ini computer
modern masih menggunkan teknik alat ini.
|
1650 M
|
Surat kabar pertama beredar
di Jerman
|
1714 M
|
Henry Mill dari Inggris
menciptakan mesin ketik modern
|
1793 M
|
Claude Chappe membuat jalur
telegraf optic jarak jauh
|
1821 M
|
Microfon untuk pertama
kalinya ditemukan oleh Charles Whaetstone
|
1830 M
|
Agusta Lady Byron menulis
Program komputer yang pertama bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan
ide mesin Analytical
|
1831 M
|
Joseph Henry menciptakan
jalur listrik pertama di dunia
|
1837 M
|
Samuel F.B. Morse bersama
William Cook dan Charles Whaetstone mengembangkan telegraf dan kode Morse
|
1843 M
|
Alexander Bain menciptakan
mesin Faksimili pertama
|
1861 M
|
Ditemukannya alat yang
bernama Kinematoskop untuk memutar slide
|
1876 M
|
Thomas Alva Edison menemukan
mesin fotocopi pertama, Alexander Graham Bell menyatakan dirinya yang telah
menciptakan pesawat telepon. Pada tahun yang sama, Melvyl Dewey mengembangkan
system pencatatan katalog buku untuk perpustakaan diseluruh dunia yang
bernama Sistem Desimal Dewey
|
1888 M
|
Diciptakannya gulungan film
untuk memotret oleh George Eastman
|
1910 M
|
Thomas Alva Edison
menciptakan film bersuara pertama di dunia
|
1923 M
|
Ditemukannya pesawat televisi
pertama oleh Vladimir Kosma Zworykin
|
1934 M
|
Joseph Begun mengembangkan
Tape Recorder
|
1936 M
|
Komputer pertama di dunia
dengan nama Z1 telah diciptakan oleh Konrad Zuse
|
1945 M
|
Vannevar Bush mengembangkan
kode Hypertext
|
1946 M
|
ENIAC 1 yang merupakan
komputer digital pertama dikembangkan
|
1957 M
|
Uni Soviet (RMusia)
meluncurkan Sputnik sebagai satelit bumi buatan pertama, sedangkan di Amerika
terbentuk ARPA (Advanced Research Projects Agency)
|
1958 M
|
Chester Carlson menciptkakan
mesin fotokopi pertama dengan nama Xerox
|
1963 M
|
Amerika menciptakan sistem
kode pos
|
1969 M
|
Lahirnya ARPANET sebagai
cikal bakal adanya Internet
|
1971 M
|
Diciptakannya Disket pertama
di dunia
|
1972 M
|
Ray Tomlinson menciptakan
Program e-mail pertama
|
1973 M
|
Lahirnya protokol internet
TCP/IP
|
1979 M
|
Jepang mempelopori
terciptanya jaringan telepon tanpa kabel pertama di dunia
|
1980 M
|
Perusahaan Sony, Jepang
membuat Walkman pertama di dunia
|
1985 M
|
Ditemukannya cakram penyimpan
data (CD)
|
1992 M
|
Munculnya WWW oleh CERN
(Laboratorium Partikel di Swiss)
|
1999 M
|
Munculnya raksasa mesin
pencari informasi secara gratis di dunia yaitu Google.com
|
6. Sejarah
Perkembangan Komputer
Perkembangan komputer terbagi menjadi 5
generasi, yaitu sebagai berikut.
a. Komputer Generasi Pertama (1940 s.d.
1959)
Komputer generasi pertama ini
mempunyai ciri menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data,
cepat panas dan mudah terbakar, oleh karena itu beribu-ribu tabung vakum
diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer, dan juga memerlukan
daya yang sangat besar. Komputer generasi pertama ini 100% elektronik. Komputer
Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat
secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program
kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini
menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.
Ciri-ciri komputer generasi
pertama adalah:
1) Program dibuat dalam bahasa mesin.
2) Menggunakan konsep storage Program.
3) Komponen yang digunakan adalah tabung
hampa udara,
4) Ukuran fisiknya besar sehingga
membutuhkan daya listrik yang besar, serta
5) Dapat disimpan pada magnetic tape dan magnetig disk.
Contohnya, komputer IBM 701
yang dibuat tahun 1953 merupakan komputer komersial berukuran besar, sedangkan
IBM 705 yang dibuat tahun 1959 digunakan dalam industri.
b. Komputer Generasi Kedua (1959 s.d.
1965)
Pada tahun 1948, penemuan
transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan
tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin
elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai
pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik
membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat,
lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya.
Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM
membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama
LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom,
dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan
oleh peneliti atom.
Komputer generasi kedua
menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa
yang menggunakan singkatansingkatan untuk menggantikan kode biner.
Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya
menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen- komponen yang dapat
diasosiasikan dengan komputer pada saat ini seperti: printer, penyimpanan dalam
disket, memory, sistem operasi, dan program. Salah satu contoh penting komputer
pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri.
Beberapa bahasa pemrograman
mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented
Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa
pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat,
dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini
memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer.
Ciri-ciri komputer generasi
kedua antara lain:
1) Kapasitas memori utama cukup besar.
2) Komponen yang digunakan adalah transistor yang jauh lebih kecil
dibandingkan tabung hampa udara
3) Menggunakan magnetic
tape dan
magnetic disk berbentuk removable disk.
4) Mempunyai kemampuan proses real-time dan time sharing.
5) Proses operasinya lebih cepat.
6) Orientasinya pada aplikasi bisnis dan
teknik.
Contohnya, komputer PDP-5 dan PDP-8
yang dibuat tahun 1963 merupakan komputer mini komersial yang pertama. Selain
itu, terdapat komputer IBM 7070, IBM 1400, NCR 300, dan sebagainya.
c. Komputer Generasi Ketiga (1965 s.d.
1970)
Kemajuan komputer generasi
ketiga lainnya adalah penggunaan system operasi
(operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankanberbagai
program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi
memori komputer.
Ciri-ciri komputer generasi
ketiga antara lain:
1) Komponen yang dipakai adalah IV (Integrated
Circuits) yang terdiri atas ratusan atau
ribuan transistor berbentuk hybrid
integrated circuits dan monolithic
integrated circuits.
2) Proses operasinya jauh lebih cepat dan
lebih tepat, kapasitas memori komputer jauh lebih besar.
3) Ukuran fisik jauh lebih kecil sehingga
penggunaan listrik lebih hemat.
4) Menggunakan magnetic disk yang sifatnya random access.
5) Dapat melakukan multiprocessing dan multiprogramming.
6) Alat
input-output mengalami perkembangan
menggunakan visual display terminal.
7) Dapat melakukan komunikasi data dari
satu komputer dengan komputer lainnya.
Contohnya, komputer IBM S/30.
NOVA, CDC 3000, PDP-11, dan lain sebagainya.
d. Komputer Generasi Keempat (sejak tahun
1970)
Sejak tahun 1970, dunia
komputer mengalami dua perkembangan penting, yaitu:
1) Penggunaan LSI (Large Scale
Integration) yang disebut juga sebagai Bipolar
Large Scale Integration.
2) Menggunakan mikroprosesor dan semi
konductor yang berbentu chip untuk memori computer.
Contohnya, komputer IBM 370
menggunakan Intel 4004 mikroprosesor yang dikembangkan pertama kali pada tahun
1971 oleh perusahaan Intel Corporation dengan menggunakan chip mikroprocessor. Personal computer (PC) mulai berkembang sejak tahun
1977, misalnya komputer Apple II dan komputer dekstop oleh Xerox Corporation. Pada tahun
1981, komputer mulai banyak menggunakan sistem Window dan mouse.
e. Komputer Generasi Kelima
Komputer generasi kelima kini
sedang dalam pengembangan. Komponen yang dipakai adalah VLSI (Very Large
Scale Integration). Saat ini sedang dikembangkan oleh Josephson Function
yang diramalkan dapat menggantikan keberadaan chip.
Negara yang mempelopori perkembangan komputer generasi kelima ini adalah
Jepang. Kemungkinan pengembangan komputer lainnya ialah kemampuan komputer
memecahkan masalah sendiri dengan bantuan AI (Artificial Intellegence).
Hal ini dapat diterapkan untuk mengoperasikan robot.
2.2
Pengertian
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi informasi dan komunikasi terdiri dari dua
aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi
adalah segala hal yang berkaitan dengan proses manipulasi dan pemprosesan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi
adalah segala hal yang berkaitan dengan proses menyampaikan informasi dari
pengirim ke penerima.
Menurut haag dan keen (1906), teknologi informasi
adalah seperangkat alat yang digunakan untuk membantu tugas-tugas yang
berhubungan dengan pemrosesan data.
Menurut Martin (1999), teknologi tak hanya terbatas
pada teknologi komputer (hardware dan software)yang digunakan dalam pemprosesan
informasi, melainkan mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
Menurut Williams dan Sawyer (2003), teknologi
informasi adalah penggabungan komputasi yaitu komputer dengan jalur komunikasi
berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.
Teknologi informasi dan komunikasi sering disingkat
TIK atau ICT (information and
communication technology). Ada juga yang menyebut dengan istilah
“telematika” yaitu singkatan dari telekomunikasi dan informatika.
Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa
teknologi informasi diartikan sebagai teknologi untuk memperoleh, mengolah,
menyimpan, dan menyebarkan berbagai jenis file informasi dengan memanfaatkan komputer dan telekomunikasi yang
lahir dari dorongan-dorongan kuat untuk menciptakan inovasi dan kreatifitas
baru yang dapat mengatasi segala kemalasan dan kelambatan kinerja manusia.
2.3
Komponen-Komponen
Sistem Informasi
Kita tau bahwa Sistem Informasi terdirii dari beberapa komponen. Komponen
tesebut diantaranya adalah komponen input, komponen output, komponen model,
kompenen teknologi, komponen softwere, komponen hardwere, komponen basis data
dan komponen kontrol.
1. Komponen Input
Merupakan komponen yang
memasukkan data (Input) kedalam Sistem Informasi. Disini komponen input menangkap
data yang akan diolah untuk menjadi suatu informasi yang berguna.
2. Komponen Output
Berbanding terbalik dengan
komponen input, dimana hasil sistem informasi berupa data atau dokumentasi yang
baik akan di keluarkan. Dan dapat digunakan menjadi informasi yang penting
3. Komponen Model
Terdiri dari kaombinasi prosedur,
logika, dan model matematik. yang akan memanipulasi data dengan cara yang sudah
ditentukan dan akan menghasilkan keluaran yang telah diinginkan.
4. Komponen Teknologi
Dimana komponen ini digunakan
untuk menginput data, menjalankan model, menyimpan data, mengakses data,
menghasilkan dan mengeluarkan keluaran serta membantu mengendalikan sistem
secara keseluruhan.
5. KomponenSoftware
Komponen yang berperan sangat
vital sebagai alat penyimpanan sebuah data informasi. dimana komponen ini
berfungsi sebagai penampungan data. komponen ini dapat dikatakan juga sebagai
komponen yang mempermudah atau memperlancarkan kerja dari sistem informasi itu
sendiri.
6. Komponen Hardwere
Software berfungsi sebagai tempat
untuk mengolah,menghitung dan memanipulasi data yang diambil dari hardware
untuk menciptakan suatu informasi.
7. Komponen Basis Data
Merupakan kumpulan data yang
saling berkaitan yang disimpan didalam hardwere. berguna untuk membuat suatu
keluaran informasi yang berkualitas.
8. Komponen Kontrol
Banyak hal yang dapat merusak
suatu sistem informasi diantaranya adalah bencana alam. Disinilah komponen
kontrol itu digunakan, karena komponen ini dapat mencegah rusaknya suatu sistem
atau kalupun sudah terjadi kerusakkan komponen ini dapat mempercepat
memperbaikki sistem informasi.
2.4 Dampak dari
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi informasi berkembang sangat cepat seiring
dengan perkembangan zaman. Kehidupan manusia tidak luput dari penggunaan teknologi informasi dan
komunikasi.
Dampak perkembangan teknologi sangat signifikan, masyarakat sudah tergantung dengan teknologi informasi
dan komunikasi. Hal ini menyebabkan mobilitas informasi sangat cepat, kejadian
dari berbagai belahan dunia bisa kita nikmati secara langsung.
Tapi di sisi lain perkembangan teknologi membawa dampak
yang negatif bagi
masyarakat, utamanya bagi perkembangan generasi muda. Dengan teknologi seperti
layanan internet sangat banyak konten-konten yang tidak sepantasnya dilihat dan
diakses oleh anak-anak di bawah umur. Hal ini mengakibatkan perkembangan mental
dan psikologi anak-anak kita menjadi terganggu dan tidak sedikit anak-anak kita
yang rusak karena teknologi.
Teknologi bagi beberapa kelompok merupakan sebuah lahan pasar yang sangat
ideal untuk meraup keuntungan yang banyak.
1.
Dampak Positif
Teknologi Informasi dan Komunikasi:
a.
Internet
sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak
digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna
lainnya dari seluruh dunia dari anak-anak hingga manula.
b.
Media
pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide
web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat
saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
c.
Media untuk
mencari informasi, perkembangan internet yang pesat.
d.
Kemudahan
memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang
terjadi.
e.
Bisa digunakan
sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
f.
Kemudahan
bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi
menuju ke tempat penawaran/penjualan.
g. Dengan internet, kita dapat memperbaharui informasi yang setiap detiknya
dapat di update.
2. Dampak Negatif Teknologi Informasi da Komunikasi
Melalui media komputer, kelebihan, kemudahan, dan kesenangan yang ditawarkan oleh sarana-sarana
dalam komputer dan internet, ternyata dapat menimbulkan berbagai dampak negatif
dalam penggunaan komputer. Berikut adalah uraiannya:
a. Ketergantungan
Media komputer memiliki kualitas
atraktif yang dapat merespon segala stimulus yang diberikan oleh penggunanya.
Terlalu atraktifnya, membuat penggunanya seakan-akan menemukan dunianya sendiri
yang membuatnya terasa nyaman dan tidak mau melepaskannya. kita bisa
menggunakan komputer sebagai pelepas stress dengan bermain gamesyang ada.
b. Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa
internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan
penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Begitu
banyak situs-situs pornografi yang ada di internet, meresahkan banyak pihak
terutama kalangan orang tua yang khawatir anak-anaknya akan mengonsumsi hal-hal
yang bersifat porno. Di internet terdapat gambar-gambar pornografi yang bisa
mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal. Ironisnya,
ada situs-situs yang memang menjadikan anak-anak sebagai target khalayaknya.
Mereka berusaha untuk membuat situs yang kemungkinan besar memiliki keterkaitan
dengan anak-anak dan sering mereka jelajahi.
c. Antisocial Behavior.
Salah satu dampak yang dapat
ditimbulkan dari penyalahgunaan komputer adalah antisocial behavior. Dimana
pengguna komputer tersebut tidak lagi peduli kepada lingkungan sosialnya dan
cenderung mengutamakan komputer. Selain itu, pengguna komputer tersebut tidak
peduli lagi apa yang terjadi disekitarnya, satu-satunya yang dapat menarik
perhatiannya hanyalah komputer saja. Orang akan menjadi lebih jarang
berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya, sehingga kemampuan interpersonal
dan emosionalnya tidak berkembang secara optimal. Lama kelamaan, seseorang akan
sulit menjalin komunikasi dan membangun relasi dengan orang-orang disekitarnya.
Bila hal tersebut tidak segera ditanggulangi akan menumbulkan dampak yang
sangat buruk, yang dimana manusia lama kelamaan akan sangat individualis dan
tidak akan ada lagi interaksi ataupun sosialisasi.
2.5
Penerapan
Teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang Pendidikan
TIK sangat penting di bidang
pendidikan, cepatnya akses informasi saat ini seperti akses internet membuat
cakupan ilmu pendidikan menjadi luas, dalam pelaksanaan pembelajaran
sehari-hari.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sering dijumpai dalam bentuk
audio/data, video/data, audio/video, dan internet.
Beberapa pemanfaatan TIK dalam
pembelajaran diantaranya:
1.
Presentasi
Pembelajaran bisa
dilakukan melalui presentasi sehingga dapat menarik perhatian pelajar untuk
lebih memahami materi yang disampaikan dengan baik
2.
Cakupan
Ilmu yang dipelajari semakin luas
Adanya internet
sehingga informasi mengenai ilmu sangat luas di segala bidang keilmuan tidak
hanya terbatas di buku pelajaran, di mulai dari MIPA, Olahraga, kesenian dan
ilmu-ilmu lainnya
3. Kelas Virtual
Adanya internet
memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi
lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.
BAB III
PENUTUP
3.1
Simpulan
Dari pembahasan diatas dapat ditarik
simpulan yaitu sebagai berikut.
1)
Sejarah perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu
dari masa ke masa semua peralatan teknologi informasi dan komunikasi mengalami
perkembangan ke arah yang lebih baik, lebih canggih dan lebih memudahkan
manusia dalam bekerja dan memecahkan persoalan-persoalan yang ada
2)
Teknologi Informasi dan Komunikasi
(TIK) adalah teknologi untuk memperoleh,
mengolah, menyimpan, dan menyebarkan berbagai jenis file informasi dengan memanfaatkan komputer
dan telekomunikasi yang lahir dari dorongan-dorongan kuat untuk menciptakan inovasi
dan kreatifitas baru yang dapat mengatasi segala kemalasan dan kelambatan
kinerja manusia.
3)
Komponen-komponen sistem informasi
yaitu komponen input, komponen output,
komponen model, kompenen teknologi, komponen softwere, komponen hardwere,
komponen basis data dan komponen kontrol.
4)
Dampak Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) terdiri dari 2 dampak yaitu dampak postif dan
dampak negative. Dampak positif TIK yaitu sebagai media komunikasi, media pertukaran data, media untuk mencari informasi, perkembangan internet yang pesat, memberikan kemudahan memperoleh informasi, sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan,
kebudayaan, dan lain-lain, memberikan kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan, dapat memperbaharui informasi yang setiap detiknya dapat
di update. Dampak negative TIK yaitu media komputer memiliki kualitas atraktif yang dapat merespon segala
stimulus yang diberikan oleh penggunanya. Sehingga membuat penggunanya seakan-akan menemukan dunianya sendiri, Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik
dengan pornografi dan antisocial
behavior. Dimana pengguna komputer tersebut tidak lagi peduli kepada lingkungan
sosialnya dan cenderung mengutamakan komputer.
5
Penerapan TIK di bidang pendidikan
sangatlah penting. Cepatnya akses informasi saat ini
seperti akses internet membuat cakupan ilmu pendidikan menjadi luas, dalam
pelaksanaan pembelajaran sehari-hari.
3.2
Saran
Makalah ini diharapkan dapat
menambah wawasan dan pemahaman mahasiswa dan para pembaca agar lebih memahami
tentang sejarah, pengertian, komponen, dampak dan penerapan Teknologi Informasi
dan Komunikasi (TIK) di dunia Pendidikan serta dapat bermanfaat dalam pembuatan
proposal dan skripsi.
ILMUNYA SANGAT BERGUNA BAGI PENYIMAK
BalasHapusMy blog
artikel nya sangat bagus
BalasHapusMy blog
Sangat bagus dan bermanfaat,,, jangan lupa kunjungi di website kami di http://www.atmaluhur.ac.id
BalasHapus.thanks
Sangat bagus dan bermanfaat,,, jangan lupa kunjungi di website kami di http://www.atmaluhur.ac.id
BalasHapus.thanks
Terimakasih sangat berguna bagi saya dan jangan lupa kunjungi website kami http://www.atmaluhur.ac.id dan blog saya 2809satnight.blogspot.com, thanks
BalasHapusSangat bermanfaat bagi pembaca terutama saya, yang semula nggak mengerti jadi mengerti tentang perkembangan sistem informasi tersebut
BalasHapus